Program Pendidikan

Kurikulum pesantren disusun berdasarkan kompetensi utama dalam kerangka pencapaian visi, misi, dan tujuan Pesantren dan kurikulum pemerintah serta kurikulum Muhammadiyah yang disesuaikan dengan Pesantren. Dalam rangka mencapai tujuan dan melaksanakan visi dan misi sebagaimana telah tertuang, maka Pondok Pesantren Tahfidzil Qur’an Muhammadiyah Ibnu Juraimi menyelenggarakan program pendidikan diantaranya :

Tahfidz Al-Qur'an

Program Tahfizh Al-Qur’an adalah program menghafal Al-Qur’an 30 Juz dalam rentang batas masa pendidikan yang diselenggarakan, yaitu menghafal Al-Qur’an seluruhnya dari awal surah Al-Fatihah hingga akhir surah An-Nas. Selanjutnya pembahasan lebih jauh dan rinci terkait program tahfizh Ma’had Tahfidzil Qur’an Muhammadiyah Ibnu Juraimi dibahas di buku pedoman tahfizh tersendiri yang terpisah dari buku akademik ini.

Ta’lim Lughah Arabiyyah wa Dirasah Islamiyah

Program Ta’lim Lughah Arabiyyah wa Dirasah Islamiyah adalah program pendidikan Bahasa Arab dan ilmu-ilmu agama Islam. Pendidikan Bahasa Arab mencakup keterampilan dasar berbahasa Arab berupa menyimak (istima’), berbicara (takallum), membaca (qira’ah), dan menulis (kitabah), serta pemahaman dan penguasaan kaidah-kaidah dasar Bahasa Arab seperti ilmu nahwu dan ilmu sharaf. Pendidikan Agama Islam mencakup pendidikan dasar ajaran agama Islam seperti akhlak, aqidah, tauhid, ilmu Al-Qur’an, hadits, dan fikih, beserta pembekalan ilmu-ilmu alat yang pokok seperti ushul fiqh maupun qawaid fiqhiyyah, ushul tafsir, dan ilmu mushthalah hadits, serta pengetahuan umum tarikh Islam dan Kemuhammadiyahan.